About

Thursday, April 11, 2013

thumbnail

Chelsea di atas angin, Newcastle dan Tottenham Hati-hati


Pemain Chelsea (REUTERS/Yuya Shino)
ITm- Chelsea mendekati sejarah di kompetisi antarklub Eropa. The Blues berpeluang jadi klub keempat yang berhasil menjadi jawara di tiga kompetisi bergengsi dalam sejarah kompetisi Benua Biru. Syaratnya, Chelsea harus mengamankan trofi Europa League, musim ini.

Dalam sejarah sepakbola Eropa, tercatat hanya tiga tim yang berhasil memenangkan trofi Champions League, Winners Cup dan UEFA Cup. Ketiga tim itu yakni Juventus, Ajax Amsterdam dan Bayern Munich. Kini, Chelsea berpeluang menjadi tim keempat.

Meski Piala Winners telah dihapus sejak 1999, namun sejarah pernah mencatat turnamen ini sebagai turnamen kelas dua setelah Champions League dengan peserta para jawara Copa atau Piala Liga. Bahkan, saat itu, Piala Winners ditempatkan di atas UEFA Cup atau yang sekarang menjadi Europa League.

Sebelum musim lalu menjadi kampiun di ajang Champions League, Chelsea memang pernah memenangkan Piala Winners pada 1971 dan 1998. Kini, trofi Europa League sangat terbuka untuk diakuisisi tim besutan Rafael Benitez dengan syarat Fernando Torres dan kawan-kawan harus melewati empat laga sisa.

Chelsea berpeluang melangkah ke semifinal setelah di leg 1 berhasil mengalahkan wakil Rusia, Rubin Kazan dengan skor 3-1 di Stamford Bridge. Namun, Rubin Kazan tetap pantas diwaspadai mengingat leg 2 akan digelar di markasnya, Tsentralnyi Stadion, dini hari nanti.

"Kami tahu leg 2 akan menjadi pertandingan tandang yang sulit. Jadi sangat penting bagi kami menang dan mencetak tiga gol," kata gelandang Chelsea, Ramires dilansir Soccerway.
"Sebenarnya kami lebih menginginkan lolos ke Champions League. Tapi, kami tidak ingin melupakan trofi yang berpeluang kami menangkan," timpal rekan setimnya, Obi Mikel.

Sepakbola Inggris di Tangan Chelsea 
Sepakbola Inggris tengah menjadi sorotan. Wajar, klub-klub Premier League telah gagal total di pentas Champions League, termasuk Chelsea yang harus rela tergusur sejak fase grup. Harapan Inggris kini hanya bertumpu pada Europa League dengan menyisakan tiga wakilnya di babak perempatfinal.

Selain Chelsea, Inggris juga menempatkan Tottenham Hotspur dan Newcastle United. Sayangnya, hanya Chelsea yang mengantongi keuntungan dari pertandingan leg 1. Tottenham dan Newcastle harus menuai hasil mengecewakan. Spurs berhasil ditahan FC Basel 2-2 di White Hart Lane. Sedangkan The Magpies justru tumbang 1-3 saat tandang ke Benfica.

Berbicara peluang, tentu Chelsea berada di atas angin dibanding Spurs maupun Newcastle. Pasalnya, Spurs harus melakoni laga tandang dan tak dapat diperkuat beberapa pemain bintangnya macam Gareth Bale, Aaron Lennon dan William Gallas yang mengalami cedera di laga leg 1 lalu.

Sedangkan Newcastle harus mengejar defisit dua gol dari klub asal Portugal itu. Namun, kubu The Magpies tampak masih menyimpan keyakinan mengingat laga akan digelar di kandangnya, St James' Park. Keyakinan itu diungkapkan gelandang The Magpies asal Prancis, Yohan Cabaye.

"Di hadapan suporter, saya yakin kami akan punya peluang. Sekarang kami tinggal berusaha untuk mengontrol pertandingan dan memainkan 90 menit dengan benar dan coba lolos ke babak selanjutnya," kata Cabaye.

Sebagai catatan, jatah satu tiket semifinal lainnya akan diperebutkan wakil Italia, Lazio dengan wakil Turki, Fenerbahce. Pada leg 1 yang digelar di kandang Fenerbahce, Lazio harus menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Undian babak semifinal dan final akan digelar pada 12 April 2013. Leg 1 babak semifinal akan dihelat pada 25 April dan leg 2 pada 2 Mei 2013. Sedangkan partai puncak akan digelar di Amsterdam Arena pada 15 Mei 2013. (one)

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

About